You are currently viewing PKKS SMK Miftahul Ulum Tanjungarum: Langkah Strategis Menuju Peningkatan Kualitas Pendidikan

PKKS SMK Miftahul Ulum Tanjungarum: Langkah Strategis Menuju Peningkatan Kualitas Pendidikan

Pada hari Rabu, tanggal 6 Desember 2023, SMK Miftahul Ulum Tanjungarum menggelar acara Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) yang menjadi tonggak penting dalam perjalanan meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga tersebut. Acara ini dimulai dengan sambutan yang menginspirasi dari Kepala Sekolah, Bapak Yusuf, MM.

Dalam sambutannya, Bapak Yusuf, MM. menyampaikan visi besar yang ingin dicapai melalui PKKS ini. Dia menekankan bahwa keberhasilan pelaksanaan PKKS tidak hanya akan dirasakan oleh kepala sekolah, tetapi juga segenap dewan guru dan siswa. Dua poin inti yang disorot oleh beliau adalah:

1. Transformasi Bersama: Bapak Yusuf memandang PKKS sebagai kesempatan untuk melakukan transformasi bersama, di mana perubahan yang dihasilkan akan berdampak luas bagi seluruh komunitas sekolah, dari guru hingga siswa.

2. Pentingnya Bimbingan: Beliau juga menyoroti pentingnya bimbingan yang diberikan oleh pengawas sekolah sebagai landasan utama untuk mencapai peningkatan yang lebih baik lagi dalam segala aspek kegiatan pendidikan

Sorotan dari Pengawas Sekolah, Bapak Nurdin, M.MPd.

Dalam sambutanya Bapak Nurdin, M.MPd., turut memberikan perspektif yang sangat bernilai terkait dengan pengembangan mutu pendidikan di SMK Miftahul Ulum Tanjungarum. Melalui sambutannya, beliau menegaskan beberapa aspek krusial:

Bapak Nurdin M.MPd saat PKKS
  1. Kurikulum Merdeka Fokus kepada Peserta Didik: Bapak Nurdin dengan tegas menyatakan bahwa kurikulum harus memusatkan perhatian pada kebutuhan serta potensi unik setiap peserta didik. Ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan relevan bagi siswa.
  2. Evaluasi Proses Pembelajaran melalui Video: Sebagai bagian dari terobosan terbaru, penggunaan video proses pembelajaran dijadikan sebagai alat evaluasi yang sangat efektif bagi para guru. Ini menjadi wadah bagi refleksi diri guna memperbaiki metode pengajaran.
  3. Peran Aktif Siswa dalam Pembelajaran: Pengawas sekolah menekankan pentingnya partisipasi aktif siswa di dalam kelas. Dengan mendorong aktivitas seperti demonstrasi, diskusi, dan presentasi, diharapkan siswa akan lebih terlibat dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam.
  4. PKKS Sebagai Evaluasi Holistik: Bapak Nurdin menegaskan bahwa PKKS tidak hanya menilai kinerja kepala sekolah, tetapi juga secara menyeluruh mengevaluasi kinerja keseluruhan sekolah. Hal ini sejalan dengan visi untuk membangun lingkungan belajar yang inklusif dan berkualitas.

Pendekatan yang diambil dalam PKKS SMK Miftahul Ulum Tanjungarum merupakan langkah strategis yang mengedepankan kolaborasi antara semua elemen di lingkungan sekolah. Diharapkan, langkah-langkah ini tidak hanya akan mengangkat prestasi siswa, tetapi juga membentuk fondasi pendidikan yang kuat untuk masa depan yang lebih cerah. Semua upaya ini sejalan dengan visi untuk menciptakan sebuah lembaga pendidikan yang unggul dan responsif terhadap tuntutan zaman. (@Sya’roni)

Tinggalkan Balasan